Sejumlah tempat wisata di Banyuwangi memiliki reputasi internasional, tiga yang terkenal adalah wisata Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Pantai Sukamade. Hal ini turut didukung dengan kebijakan pemerintah setempat yang mengusung nama “Triangel Diamond” atau Segitiga Berlian karena ketiga objek wisata tersebut memiliki karakteristik wisata yang khas dan tergolong unik.
Pada Januari 2016 yang lalu, Kabupaten Banyuwangi meraih penghargaan dari Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) dalam ajang internasional “12th UNWTO Awards Forum” yang berlangsung di Madrid, Spanyol dan meraih “UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism”.
Tak dapat dipungkiri, pemerintah Banyuwangi sungguh getol dan terdepan dalam mengembangkan potensi kepariwisataannya.
Pesona wisata Banyuwangi terdapat pada kekayaan wisata alam serta pesona baharinya. Beberapa destinasi pantai di Banyuwangi adalah yang populer di kalangan wisatawan, seperti Pantai Plengkung, Pantai Pulau Merah, hingga Teluk Hijau.
Juga, aneka kuliner Banyuwangi serta wisata budaya yang ada di kabupaten ini adalah objek yang sayang untuk dilewatkan.
Tempat Wisata di Banyuwangi
Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Banyuwangi yang paling menawan dan populer dikunjungi para penikmat perjalanan.
1. Kawah Ijen (Blue Fire)
Kawah Ijen adalah kawah danau terbesar di pulau Jawa. Kawah ini secara administratif terletak di 3 kabupaten, yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. Berada pada ketinggian 2.443 m dpl dengan kedalaman kawah 200m. Kawah Ijen memiliki pesona luar biasa, yakni adanya danau belerang yang berwarna tosca dan api biru (blue fire). Anda dapat menyaksikan panorama memikat ini pada saat malam hari hingga menjelang subuh.
Kawah Ijen (Blue Fire) via banyuwangibagus.com
Agar dapat tiba di Kawah Ijen, Anda dapat memilih 2 jalur, yaitu dari utara dan selatan. Jalur utara dapat dilalui dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) dan berakhir di Paltuding, waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Jika dari arah selatan, dapat dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak sekitar 35 km. Untuk mencapai kawah, Anda harus mendaki setinggi 3 km, ini memakan waktu sekitar 1,5 jam. Rasa lelah mendaki akan terbayar lunas tatkala mendapati pesona indah blue fire di salah satu tempat wisata di Banyuwangi terpopuler ini. Peta Lokasi: klik di sini
2. Pulau Tabuhan
Pulau Tabuhan memiliki air laut yang sangat jernih dan  menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang digemari banyak wisatawan. Lokasi pulau ini berada di tengah Selat Bali. Di pulau ini, kegiatan snorkel atau scuba diving adalah salah satu yang menarik. Jarak Pulau Tabuhan hanya sekitar 20 km dari pusat kota Banyuwangi. Pulau yang tak berpenghuni ini memiliki luas area sekitar 5 ha dengan karakter pasir pantai yang putih serta air lautnya yang begitu bening.
Pulau Tabuhan via fazdhianaadventure.blogspot.co.id
Untuk dapat tiba di Pulau Tabuhan, Anda dapat menyewa kapal dari sejumlah tempat, seperti Watu Dodol, Bangsring, atau Kampe. Perjalanan terdekat ke Pulau Tabuhan adalah dari Bangsring dan Kampe yang memakan waktu sekitar 15 menit. Biaya sewa kapal sebesar Rp 500 ribu maksimal memuat 10 orang. Biaya sewa alat snorkel umumnya Rp 30 ribu dan tersedia di wilayah Bangsring. Peta Lokasi: klik di sini

3. Pantai Bangsring

Pantai ini adalah salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang populer dikunjungi wisatawan. Memiliki keindahan bawah laut dengan aneka biota laut dan keindahan terumbu karangnya, juga berbagai atraksi wisata lainnya yang tak kalah seru. Pantai Bangsring memiliki luas sekitar 15 ha dengan kedalaman bervariasi dari 2 – 15 meter. 

Pantai Bangsring via indonesiana.merahputih.com
Kegiatan wisata favorit di Pantai Bangsring ini adalah snorkel dan diving. Anda dapat menyewa peralatannya dengan harga yang terjangkau. Ikon utama pantai ini adalah Rumah Apung Bangsring, sebuah bangunan berukuran 27m x 7m yang terapung berjarak sekitar 20 meter dari bibir pantai. Di area rumah apung ini, ada dapat mencoba berenang di antara kawanan anakan ikan hiu sirip hitam yang sudah dijinakkan dan memang ditangkar di sana. Menanam terumbu karang adalah juga kegiatan lainnya yang disukai wisatawan di pantai ini mengingat Pantai Bangsring adalah kawasan konservasi terumbu karang. Peta Lokasi: klik di sini

4. Pantai Pulau Merah

Masyarakat Banyuwangi menyebutnya sebagai Pulau Merah, sebab tanahnya berwarna merah. Bentuknya menyerupai sebuah bukit kecil, terletak tak jauh dari bibir pantai. Anda dapat menginjakkan kaki di Pulau Merah ini tatkala air sedang surut, berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Cukup hanya dengan berjalan kaki saja. Pantai ini dahulu bernama Pantai Ringin Pitu, sekarang disebut sebagai Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah via ukie.blogdetik.com
Pantai Pulau Merah memiliki ketinggian gelombang hingga 4-5 m, sebuah tempat berselancar di Banyuwangi yang direkomendasikan bagi para pemula. Berjarak sekitar 80 km dari pusat kota Banyuwangi, Anda dapat masuk ke kawasan pantai ini dengan harga tiket masuk ke Pantai Pulau Merah adalah Rp 3 ribu per orang, saat weekend menjadi Rp 5 ribu. Untuk ke tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini, Anda dapat menggunakan transportasi publik. Peta Lokasi: klik di sini

5. Teluk Hijau “Green Bay”

Di Teluk Hijau ini, Anda akan merasakan udara segar pantai yang bercampur dengan udara hutan hutan tropis Taman Nasional Meru Betiri. Dari kota Banyuwangi, durasi perjalanan sekitar 3-4 jam. Perjalanan ke Teluk Hijau terbilang cukup memerlukan tenaga fisik, namun Anda akan menyaksikan panorama laut yang memikat. Teluk ini adalah tempat wisata di Banyuwangi yang masih sangat terjaga kemurniannya, belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Inilah daya tarik memikat yang dapat Anda temukan di sana.

Teluk Hijau “Green Bay” via telusurindonesia.com
Saat perjalanan ke Taman Nasional Meru Betiri dan Sukamade, Anda akan melewati Teluk Hijau ini. Tetapi Anda hanya dapat menyaksikannya dari kejauhan, karena eksotisme Teluk Hijau sesungguhnya berada di area pantainya. Air laut yang begitu jernih dengan warna hijau kebiruan, pasir pantai yang bersih dan putih, ombak yang tenang, semuanya menawarkan suasana asri yang sungguh damai.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan anda!!!